Posted by: atakeo | February 1, 2008

MENULIS ADALAH AKTUALISASI POTENSI

Satu hal yang selalu saya inginkan adalah bisa menulis. Kata orang menulis itu seperti orang berbicara. Ada orang yang bisa berbicara runtun dengan pembukaan yang mengesanakan. Dan selanjutnya disusul ungkapan pokok-pokok penting pembicaran yang begitu sistematis dan mengarah pada sebuah kesimpulan. Logis, masuk akal dan mengesankan.

Saya sering bertanya pada diri kenapa saya berpendapat bahwa menulis tidak seperti orang bicara. Ketika bicara hampir tidak ada jarak waktu antara konsep dan ungkapan. Sementara ketika seorang menulis ada jarak waktu yang cukup antara konsep dan ungkapan. Dengan demikian seharusnya menulis lebih mudah. Ada kesempatan untuk memikirkan dan menuangkan apa yang kita pikirkan.

Maslah kesulitan dimana? Saya pikir yang menjadi masalah adalah kebenaran dari sebuah omongan dan tulisan memiliki drajat nilai berbeda. Kesalahan dalam bicara orang anggap silap lidah bisa dimaafkan. Entah itu kesalahan urutan penyampaian juga kebenarannya. Sementara dalam melakukan penulisan seorang harus punya waktu untuk mencari sumber referensi dan mengungkapkannya. Singgap orang memiliki waktu untuk menyampaikan sesuatu yang benar.

Ketika bicara terkadang kita merasa ada yang menyimak dan memetik isi pembicaraan tersebut. Orang manggut karena masuk akal dan benar. Terkadang orang menggoyangkan kepalanya tanda tidak sependapat. Sebarapa banyak penyampaian
gagasan kita diterima, dapat menjadi tolok ukur kemampuan dan kepandaian kita. Harusnya ini dianggap sebagai potensi, yang harus dikembangkan untuk menulis.

Potensi hanyasalah sebuah kemungkinan. Sedangkan realitas adalah kemampuan yang diaktifkan dan dikembangkan. Kepintaran seorang adalah potensi. Kepintaran yang hanya terbenam didasar diri sendiri adalah sia-sia. Tetapi kepintaran yang diaktualisasikan dalam tindakan penciptaan lain ini adalah wujud dari kepintaran.

Bila anda terus mengikuti tulisan-tulisan yang akan saya tayangkan dalam blog ini hanyalah sebuah upaya mengaktualisasikan potensi terpendam itu. Tidak banyak sumber referensi yang saya pakai. Karena tulisan saya tidak ilmiah dan kebenaran bisa diragukan. Anda bisa manggut atau menggeleng itu hak anda. Bila memang tidak ada yang baru saya yakin ini karena memang kebenaran atau nilai baik itu universal. Kalau ada kesamaan antara tulisan saya dengan isi buku yang anda baca, mungkin anda benar. Saya boleh jadi hanya mengukapkan kembali. Anda benar. Dan saya benar karena saya hanya ingin menulis dan terus menulis.


Leave a Reply

Categories

