Posted by: atakeo | March 1, 2008

SATU ATAP BEDA SELERA

Hari ini teman, partner dan dia juga bos saya. Orang Korea. Kami berdua berbagi ruang di kantor. Dia termasuk seorang bos yang baik. Sejak pertama saya bergabung dia memberikan saya satu kendaraan sewa untuk dipakai. Ketika ada satu Avanza hitam baru dibeli datang ke perusahaan langsung diserhkan ke saya. Saya menggunakan yang pertama dan seterusnya, sementara dia menggunakan avanza abu-abu yang lama, beda satu tahun.

Hari ini dia mangambil enam telur ayam dari kulkasnya. Dan dia minta seorang karyawan merebus. Dia kemudian mengajak saya duduk dan kami makan telur hanya dengan garam. Saya tidak pernah makan telur ayam rebus sampai tiga butir hanya diberi garam halus. Garam ditaruh diatas tissue dan telur yang telah dikupas dirapatkan ke garam dan kami makan. Kata teman saya di Korea hal ini biasa. Tetapi bagi saya luar biasa.

Karena hari Sabtu hampir semua karyawan kantor sudah pulang. kami berdua terus duduk dan melanjutkan dengan ngobrol. Dia kemudian curhat juga. Dia sudah dua hari tidak makan cukup. Pagi tidak makan di rumah. Lebih banyak dia tidak makan di rumahnya. Alasannya isterinya selalu masak yang tidak berkenan dengan seleranya. Isterinya mengharapkan suatu saat pasti suaminya akan menyukai masakannya. Tetapi kata teman saya isterinya tidak pernah mau mengerti bahwa isterinya tidak bisa merobah pikirannya. Teman saya mengatakan dia pernah selama sepuluh tahun masah sendiri selama masih bujang.  Isterinya berjanji akan selau mau masak untuk suaminya. Tetapi ketika menikah isterinya selalu masak menurut kesukaannya dan sangat tidak cocok. Tidak ada yang mengalah. Mereka satu atap dan beda selera. Kelihatannya mereka banyak bedanya. Dan saya lihat teman saya terus berkurang berat badannya. Ketika saya menasehatinya untuk menjaga kesehatan, dia mengaakan kami orang Korea terbiasa tidak makan selama masa susah. Dan kadang mereka melakukan kebiasaan untuk menghindari makan agar kelak bila sulit dapat bertahan tanpa makan.


Leave a Reply

Categories

