Posted by: atakeo | March 5, 2008

BELAJAR SAMA DENGAN MAKAN

Saya ditelepon melalui telepon genggam. Tertera Privat number artinya tidak terdeteksi. Ada orang dari kecamatan Setu, dia mengatakan ada panggilan dan saya harus ambil suratnya. Apa lagi. Saya tiba-tiba rasa tidak nyaman.

Lalu saya menelpon seorang anak muda kemarin yang mengaku dari Karang Taruna. Katanya dia lagi di luar dan akan menemui Bapak Camat Setu. Saya pikir lagi. Apa ada kaitan dengan kemarin. Dalam percakapan kemarin kami menyinggung tentang berbagai masalah premanisme di Setu. Dan tentu kita juga bicara tentang hal-hal negatif yang perlu dilihat dan dibenahi.

Mereka menyerahkan perihal: Permohonan Kerja Sama. Surat dibuka dengan Salam Kesetiakawanan Sosial. Sungguh manis salamnya. Dan yang datang juga bersikap manis. Saya selalu harap bahwa akan ada buah manis di sini. Karena Setu sudah terkenal karena premanisme dan permohonan uang koordinasi. Kalau ada orang datang dan ingin berusaha di sini langsung semua mata melotot. Dan sebentar saja sudah dikerubungi orang-orang yang tidak tahu dari mana datangnya dan minta jatah. Tampilan orang-orang ini agak ekstra pamer. Mereka layaknya berada di panggung sandiwara. Mereka sangat tahu memainkan peran. Mungkin itu yang dinamakan peran antagonis. Maunya berbeda dan lawan saja. Semakin hari saya tahu mereka adalah orang baik. Mereka hanya sandiwara. Secara pribadi mereka baik. Untuk bisa berakting mereka hanya bisa di panggung dalam kebersamaan dengan anggota teaternya. Masing-masing berperan ganda. Satu muka untuk teater preman garang yang minta jatah, dan wajah lain manis bagaikan anak domba untuk keluarga dan lagi sendiri.

Saya langsung tertarik dengan Sukayat anak Karang Taruna, kami ingin mensejahterakan teman-teman. Tetapi kami harus tunjukkan kewajiban baru minta haknya, kata Sukayat. Artinya mau bekerja. Bukan minta jatah uang koordinasi. Dan katanya dia ingin ngobrol lagi. Selamat Sukayat.


Leave a Reply

Categories

