Posted by: atakeo | March 5, 2008

MENJELAJAH DALAM KURUNG JEJARING BLOGGER.

Masih ingat saya mulai membuat blog sendiri. Saya muncul dengan myatoxizlife. Itu A ke Z hidupku. Karena kotak kutik sendiri, dan tidak tahu kelola sehingga tampilan menjadi sangat kacau. Saya tutup setelah menjaring beberapa komentar dan bersahabat. 

Rasa malu dan budaya malu ada baik dan buruknya. Malu juga yang membuat orang mau muncul selalu benar. Tetapi karena manusia tidak sempurna maka rasa malu ini yang menekan seorang menjadi kerdil dan takut berpendapat serta berkembang. Ini mungkin sisi jeleknya. Orang Melayu, yang juga saya termasuk didalamnya mengenal pepatah: “Malu bertanya sesat di jalan.” Malu itu menyesatkan. Malu menyulitkan. Rasa malu mematikan. Ada yang bunuh diri karena malu. Ada anak sekolah yang bunuh diri karena malu tidak bisa beli buku. Bukan karena tidak bisa beli buku tetapi malu karena harus menjadi orang yang terus meminjam.

Rasa malu ada baiknya. Coba lihat kalau tidak mungkin banyak hal yang tidak terkontrol. Tutur kata, pola tingkah  serta tata kehidupan menjadi tidak beradab.  nKalau saja rasa malu tidak ada maka manusia sama saja dengan animal. Syukur kalau bisa beradaptasi. Mungkin kita semua harus cari kerokan karena pada masuk angin. Dan masih banyak yang aneh lagi.

Rasa malu ternyata membuat orang belajar. Jangan jadi orang bodoh. Itu malu. Dan mungkin saya belajar sedikit tentang Kurungan Jejaring Blog juga  untuk tidak jadi orang bodoh dan memalukan dianggap buta teknologi atau bahasa anaka gaul bilang gagap, ya gagap teknologi alias gaptek.

Sekarang saya baru mulai belajar tetang mengelola medianya. Tetapi yang lebih membuat saya mengurungi diri dalam jaringan bloggers adalah saya ingin belajar mengisi medium ini. Inilah sarana dan saya harus belajar untuk memanfaatkannya. Saya masih belejar dan terus belajar. Saya telah memulainya.


Leave a Reply

Categories

