Posted by: atakeo | March 24, 2008

KECEWA DAN KEBUTUHAN

Kecewa adalah perasaan. Kecewa biasa ada kaitan dengan sebuah harapan. Harapan ada hubungan dengan kebutuhan yang ingin dicapai. Pada saat kita tidak mencapai apa yang kita inginkan atau yang kita butuhkan timbul rasa kecewa.

Perasaan biasa datang tiba-tiba tanpa banyak pertimbangan. Demikian rasa kecewa timbul dalam hati kita tanpa diundang. Pada saat rasa kecewa itu muncul perlu sikap dari dalam kita untuk mengelola rasa itu. Kita harus mengendalikannya. Kalau perlu memadamkannya. Memendam rasa juga tidak gampang. Ibarat orang kecmeplung dalam air tetapi timbul lagi.  Karena rasa kecewa adalah suatu gelembung emosi bagaikan angin yang ditupkan ke balon dasn balon  terus terbang melayang.

Tekankan angin rasa kecewa agar tidak terlalu mudah melambung. Ibarat balon supaya tidak bisa terbang tinggi, kurangkan anginnya atau kempiskan balonnya dengan mengeluarkan angin yang menggelembungkan balon, demikian kita harus mengempiskan rasa, menekan rasa dan mengeluarkan atau melupakan rasa kecewa. Pada saat itu kita menjadi lebih siap untuk sesuatu yang baru.

Balon berisi angin bisa dikempiskan dengan mengeluarkan angin melalui lubang yang sudah disediakan. Balon juga bisa menjadi kempis segera setelah kita menusuk atau merobekkan balon itu. Balon menjadi rusak dan tidak berguna.

Emosi yang dibiarkan berkembang tak terkendali akan terjadi tegangan tinggi dan bisa merusak diri kita. Tatakala emosi dikendalikan secara teratur maka kita merasa nyman dan siap untuk hari-hari dan waktu berikutnya.  Kita semua dan saya juga pernah kecewa. Kecewa itu perasaan. Yang beda antara kita adalah cara kita menghadapi dan mengendalikan rasa kecewa itu. Kendali diri.


Responses

  1. setuju. bedanya hanya terletak bagaimana mengatasinya…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: