Posted by: atakeo | April 12, 2008

SETOR MUKA DI RUMAH DUKA

Kali ini saya wajib setor muka. Ada acara kebaktian bersama dalam rangka genap satu minggu meninggalnya bapak Titus Tage. Ini pasti nama orang Nagekeo. Orang tua ini meninggal di Jakarta. Saya mempunyai relasi yang sangat baik dengan anak perempuan almarhum, Lince  dan juga  John anak mantu almarhum.

Dalam budaya asli orang Keo berkaitan dengan hari kabung sampai  tiga hari setelah pemakamannya, kata mereka ini “Sawe Kombe” (Malam Pemenuhan).  Malam paling dikenang adalah malam pertama setelah pemakaman. Keluarga besar merasakan pisah dan sepi. Ada kekosongan dalam rumah.  Menyebut yang telah meninggalpun  tidak dengan kata kita. Tetapi “ata” atau orang lain. Nama yang bersangkutan selalu didahului dengan Ata Mata (orang mati atau almarhum) didepan nama.Tiga . malam berturut-turut ada doa bersama. Susana duka tetap dipertahankan selama masa ini.Hari-hari penuh duka. Setelah “Sawe Kombe” baru ada kegiatan bersih-bersih dan keluarga mulai beraktivitas agak normal.  Mau tahu kalau orang Keo berduka. Tawa riang sangat dihindari. Bunyi musik, radio dibatasi. Semua turut kabung. Bila ada yang tidak turut kabung maka akan dianggap ngerasani alias syukuri atas kematian seorang.

Tetapi kini  saaat kematian seorang anggota keluarga jadi ajang jumpa teman. Suasana kekerabatan penuh sukacita atas pertemuan berada diatas  rasa duka . Ada upacara misa arwah suatu kebaktian orang Katholik dipimpin oleh pastor, yang karena kemacetan luar biasa terlambat dua jam dari jadwal. Tidak apa. Tidak ada yang marah.  Semua menikmati suasana jumpa kerabat. Saat-saat seperti ini setor muka wajib hukumnya.

 


Responses

  1. setor muka dengan keikhlasan lebih baik , supaya kedamaian dan keharmonian tercipta
    setuju ?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: