Posted by: atakeo | April 22, 2008

Aku Ingat Kata Motivasi.

Kata motivasi dari motif, motivus, movere (bergerak). Sok benar menyebut kata-kata ini. Tetapi saya ingat kata-kata ini karena pernah saya ditanya oleh seorang guru yang tamat kuliah filsafat, yang mengajar kami di SMA. Mereka itu pandai membedakan pengertian kata-kata. Biasanya orang filsafat kalau omong selalu pakai logika  mulai dengan definisi. Mereka suka mulai dengan pengertian (definisi), definisi nominalis (asal kata) dan definisi realis (isi kata). Wah rumit amat. Saya bingung. Dari kebingungan itu saya jadi ingat.  Kata -kata itu saya ingat karena bikin telinga saya merah di depan banyak teman sekelas. Dia  tanya saya apa beda antara semangat dan motivasi. Tetapi hal-hal aneh dan berkesan khusus saya ingat terus sampai kini.

Perasaan kita hari-hari kadang terasa kosong saja. Sepi dan membuat segala sesuatu sekedarnya tanpa semangat. Seolah hidup itu segitu-gitu saja. Kata orang kita bagaikan lilin. Lilin akan tetap lilin. Lilin menjadi berguna bila disuluti api. Manusia memang punya badan dan tentu karena masih hidup karena besatu dengan jiwa, roh dalam tubuhnya. Karena ada jiwa masih bersatu dengan raga maka manusia masih hidup. Si gembel dan presiden atau cerdik cendekia sama-sama hidup. Ada jiwa dan raga yang utuh.

Yang bikin beda antara seorang dengan yang lain katanya motivasi hidup itu. Ada daya gerak, daya dorong yang membuat seseorang berbuat sesuatu. Ada daya dorong yang membuat seorang bekerja. Ada daya dorong yang membuat kita belajar lebih. Ada keinginan yang terus menarik kita berbuat sesuatu.

kalau begitu hidup ini harus ada motivasi. Motivasi itu pemberi semangat. Setiap orang dapat bertanya apa yang membuat dirinya bersemangat. Temukan jawabannya dan pasti itulah yang memberi kita daya juang terkadang badan cape dan lemah tetapi  terbakar semangat membara kita terus berbuat.


Leave a Reply

Categories

