Posted by: atakeo | April 22, 2008

Tak Ada Yang Gratis

Kalau bicara sama orang Indonesia Timur NTT khususnya kata gratis atau pro deo sangat biasa kita dengar. Untuk yang tanpa kerja keras alias cuma-cuma diperoleh mereka bilang pro deo. Untuk Tuhan. Maka yang namanya dapat dengan cuma-cuma itu mereka bilang deo gratias. Syukur pada Tuhan. Gratis, cuma-cuma dianggap sebagai grace atau rahmat yang kita terima tanpa usaha berat atau tanpa bayar.

Anda mungkin pernah ditawarkan hadiah melalui telepon atau sms. Saya pernah mendapat telepon yang mengatakan bahwa saya termasuk dalam kelompok pengusaha sukses. Saya juga akan diberikan anugerah berupa penghargaan. Ini sungguh kabar aneh. Dan memang aneh. Bertolak belakang dengan keterpurukan saya menjalankan berbagai kegiatan usaha.
Ada juga yang mengundang saya untuk mendapatkan gelar kesarjanaan. Ingat itu bintang film, pemusik yang dibilang raja itu bahkan jenderal polisi juga dapat gelar-gelar begitu. Dan saya yang terus kuli…ah itu  sejajar ddngan penggede itu. Waduh. Saya merasa lebih aneh lagi. Saya tidak membutuhkan pengakuan akademis yang tidak sepadan. Saya merasa bisa membawa diri saya dengan ijizah yang saya peroleh. Saya tidak pernah bangga akan sebuah ijazah. Yang saya banggakan sekolah saya dengan kedisiplin dan mutu pendidikan yang saya peroleh. Saya hanya bisa merasa puas kalau gagasan saya dapat diterima orang lain. Saya tidak meminta ijazah sekolah saya diterima. Itu  hanya selembar kertas yang kumal dan apalagi fotocopy.  Tetapi yang penting adalah  pemikiran saya dapat dipahami dan diterima orang lain.

Untuk mendapatkan penghargaan sukses orang harus juga sukses. Demikian mendpatkan ijzah orang harus belajar. Kecukupan atau pencapaian secara ekonomis juga menuntut kerja keras. Karena memang tidak ada yang gratis. Buah kucuran keringat terasa lebih nikmat dari yang cuma-cuma. Tetapi kalau boleh dapat cuma-cuma mengapa tidak. Karena itu ada yang bilang lebih nikmat yang cuma-cuma karena tidak perlu biaya dan usaha.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: