Posted by: atakeo | April 25, 2008

Buat Apa Lagi.

Hari ini  dua orang dari desa sekitar pabrik kami mendatangi saya. Mereka orang baik-baik. Seorang bernama Endang adalah bekas Sekretaris Desa (Sekdes). Pabrik kami berlokasi persis dibatas dua desa, namun kami masuk desa yang penduduknya sebagian besar bertani. Desa sebelahnya adalah desa industri kerajinan. Sejak dua generasi terdahulu warga desa ini mengerjakan aksesoris busana, seperti kalung, anting , gelang atau perhiasan sejenisnya.

Secara umum masyarakat desa tidak terlalu  miskin tetapi terbanyak masuk dalam keluarga sederhana.  Sebagai pendatang saya berusaha mengenal lebih jauh dan bersahabat dengan orang-orang sekitar ini.  Saya mengarahkan mereka untuk bersentuhan dengan koperasi. Kebetulan saya mengenal satu Credit Union (koperasi simpan pinjam), dalam kalangan terbatas ini disebut C.U. (Se U).  Saya berpikir bagaimana saya bisa berbuat sesuatu bagi orang sekitar ini. Dan ini yang bisa saya buat. Mengarahkan mereka. Memperkenalkan mereka dan bersentuhan dengan sebuah Credit Union. 

Saya berharap bahwa kelak melalui Credit Union masyarakat di sekitar ini dapat membangun kebersamaan dan memperbaiki peringkat kehidupan ke arah yang lebih baik. Idealiskah ini. Saya rasa bukan idealis. Ini realistis. Ini bisa dilakukan dengan menggalang pemahaman dan kesadaran akan nilai-nilai baik. Melalui kebersamaan mereka membantu diri dan sesama. Ada orang yang menabung sedikit tetapi kebutuhan untuk pinjam banyak. Ada yang sedikit lebih beruntung karena nasib baik berpihak pada mereka. Mereka ini menabung banyak tetapi sedikit minta bahkan ada yang hanya ingin memberi. Merekalah berkat itu. Merekalah tangan Allah itu. Semoga.


Leave a Reply

Categories

