Posted by: atakeo | May 3, 2008

Buat Mama di Ruman Tahanan

Tadi malam saya kebetulan berada di depan televisi.  Suasana haru. Banyak orang menitikan air mata haru. Sungguh haru.  Sang calon Indonesia Idol mendapat pujian dari ketiga juri. Hal yang luar biasa dan memang dia betul menampilkan yang terbaik. Sebuah lagu penuh emosi dibawakan dengan sangat baik.

Keharuan terjadi setelah sang penyanyi disambungkan dengan seorang ibu. Suara terbata-bata penuh haru dari seberang terdengar oleh semua pemirsa dan juga sang penyanyi calon Idolanya Indonesia. Suara seorang ibu dari rumah tahanan yang beru saja menyaksikan anaknya muncul di layar kaca dalam sebuah pentas penuh persaingan.  Banyak orang terharu juga sang mama di seberang sana. Demikian pula sang anak penyanyi berbakat.  Sang Penyanyi mengatakan sambil berusaha menghapus air mata mengatakan supaya mama jangan sedih. Dia baik dan senang disini mempunyai banyak teman. jangan cemaskan dirinya.

Ada pesan besar dalam pentas ini. Ada keterpisahan antara ibu dan anak dalam urusan kesalahan. Saya tidak tahu apa salahnya sampai sang mama masuk penjara. Tetapi sering kesalahan  dan masalah seorang  keluarga menjadi masalah keluarga besar.  Ada ketegaran dari sang anak untuk menerima kenyataan. Dia merasa harus terus maju untuk memulihkan nama keluarga. Hal ini pernah diungkapkan sang anak. Kita tahu betapa banyak anak menjadi terhambat berkembang karena memikul beban yang bukan panggulannya.  Masyarakat sering juga ikut menimpuk batu  dengan memberikan cap negatif pada keluarga. Yang sudah sakit jangan kita sakiti lagi.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: