Posted by: atakeo | May 6, 2008

Coretan Dinding Kamar WC Umum

Sebagai orang sederhana yang naik bus pasti pernah memasuki kamar WC umum terminal. Orang yang tidak pernah ke terminal mungkin pernah membuang hajat kecil atau besar di kamar WC pompa bensin. Saya kini lebih biasa menggunakan WC pompa bensin. Dan kalau lagi sok gaya, parkir saja di hotel mewah dan ke kamar WC hotel. Kalau ada orang berusaha menunggu tamu di hotel, saya sering menggunakan untuk membuang hajat tanpa bayar, malah bisa basuh muka dan bergaya. Saya juga suka bilang sama teman, yang kebanyakan orang kampung itu, selalu berpakaian rapih. Boleh miskin tetapi bersih. kalau bersih anda tidak perlu buang air kecil di pinggir got. Anda bisa masuk lobby hotel dengan parlente. Walaupun hanya untuk membebaskan beban sampah tubuh.

Yang mau saya katakan berkaitan dengan kamar WC adalah kamar WC di sebuah pompa bensin di Jl. MT Haryono dekat gedung perfilman Indonesia. Saya pergi ketempat itu karena sepanjang jalan ini hanya ada satu kios buka 24 jam. Saya berencana untuk bertemu 2 teman saya di tempat ini. Ada hamburger, ada sushi dog dll. Karena saya datang lebih awal dan saya kebelet pipis, masuklah saya ke kamar WC pompa bensin. Ketika mamasuki ruang sempit, ya memang kamar WC selalu dibilang kamar kecil, karena sempit tempatnya. Ada beberapa tulisan coretan anak bandel disana. Ada tulisan bernada sex dan jorok. Tak layak diekspose. Dua kalimat yang menarik perhatian saya adalah berbunyi: SBY & Jakarta Menyengsarakan
Rakyat.
Dan Ada satu lagi kata makian buat bapak kita yang terhormat itu.

Saya pertama kali masuk ke pabrik garment besar di Kawasan Industri Pulogadung. Karena tertekan oleh tuntutan untukmelepaskan sisa pembakaran tubuh, Saya pergi ke kamar kecil. Di sana ada begitu banyak tulisan yang sangat menyayat dan menyakiti hati. Semua kata kotor diarahkan kepada isteri pemilik perusahaan.

Isteri pemilik menjadi salah satu manager di tempat itu. Banyak karyawan tidak senang. Dan luapan rasa ketidakpuasan tidak dapat diungkapkan, tetapi  banyak yang memanfaatkan media tertutup tetapi umum adalah  tiga sisi tembok kamar WC. Dan habislah riwayat isteri pemilik yang cerewet itu. Kata makian yang paling keji tetulis pada dinding kamar kecil (WC).

Soal kata makian atau kata kotor lainnya yang ditujukan pada para pengusaha adalah biasa, tetapi kali ini ditujukan kepada orang yang paling kita hormati di negeri ini, SBY. Ada apa di negeriku ini……???


Leave a Reply

Categories

