Posted by: atakeo | May 8, 2008

Clear Day and Dark Day

Clear Day adalah judul tulisan salah satu blogger, yang biasa saya rujuk. Kisahnya sederhana tentang kakeknya yang telah renta. Ada hari terang dimana sang kakek tua bisa mengingat dan bisa mengenal sang cucu atau orang sekitarnya. Ada hari gelap dimana sukar untuk mengingat. Terlalu gelap untuk menggambil simpanan dari dalam gudang kesadarannya.

Saya juga berbagi cerita kata orang Cibeo sharing. Ayah saya, ah bapa saya maksudnya. Kata ayah terasa ada jarak. Tetapi kalau bilang bapa terasa seperti bilang mama, nyangkut dibibir saya. Bapa saya juga merasakan hari-hari gelapnya. Dia sekarang tidak bisa melihat kami lagi. Diabetes menyerang matanya dan dalam usia lanjut, indra lihatnya tidak berfungsi lagi. Tuhan masih baik. Orang kita yang suka sabar dan menerima takdir bilang untung…untung… walau ada buntungnya. Bapa saya masih dibilang untung. Karena indera pendengaran dan logikanya  berfungsi sangat baik. Kami bisa berkomunikasi dalam hari-hari gelap  bapa saya yang berkepanjangan.

Clear Day and Dark Day itu apa sih bagi saya. Tadi pagi atau sering juga seperti itu saya bangun dengan beban ada yang tidak beres. Saya inginkan sesuatu tercapai dan mendapat solusi. Saya pikir mau buat apa dan bagaimana? Tetapi saya seperti terbentur di tembok. Menghadap tembok kokoh dan gelap. Ini hari gelap. It is my dark day.  Ada yang membuat saya selalu semangat.Tulisan si Kartini orang Jepara. Habis Gelap Terbitlah Terang.  Saya belum pernah baca detail kumpulan korepondensi sang pujaan bangsa ini. Sebagai orang yang pragmatis, saya menangkap judul yang dihafal dari ESDE . HABIS GELAP TERBIT TERANG, apakah ini benar saya tidak tahu. Ini karangan orang saja. Habis Gelap Terbit Terang.  Ya pasti. Daripada kita bilang terbalik. Habis Terang jadilah Kegelapan. Semangat dan tetap semangat. Tidak ada beban yang tak terpikulkan. Tidak ada orang yang tetap mau tinggal dalam kegelapan. Aku bersemangat. Semangat lagi…. Aku mau menuju cerah. It is a Clear and Bright Day.


Leave a Reply

Categories

