Posted by: atakeo | May 9, 2008

Berkelana di Alam Blog

Saya mengembara di berbagai blog. Di blogspot dan wwordpress.Para Blogger perempuan Philipina yang berdiam di Amerika punya komunitas yang luar biasa besarnya. Saya berkelana di sana untuk belajar bahasa. Mungkin mereka itu para pembantu atau pekerja di bidang lainnya yang kemudian bertemu pasangan. Kita tahu bahwa para pekerja luar negeri menjadi penyumbang dana terbesar bagi negeri dicatator kaya Marcos. Pahlawan devisa sama seperti TKW dan TKI kita. Bedanya TKI/TKW kita  sering dijadikan objek pemerasan oleh kita sendiri. Mungkin untuk TKW dan TKI kita tidak dianggap pahlawan. Mereka terkadang dijual bagaikan budak.  Makanya ada budak seks di negeri Jiran.

Saya juga berkeliling ke lokasi blog -blog Indonesia dan Malaysia. Malaysia sekarang merasa menjadi merdeka melalui blog.  Tulisan di blog-blog mereka ternyata mempengaruhi perjalanan dan peta politik di sini. Mereka bersuara bagi yang tertekan. Membaca blog Malaysia bagaikan saya membaca Coretan di dinding kamar WC umum terminal dan pompa bensin. Ada jeritan dari orang tertekan menghadapi penguasa yang tidak demokratis. Membaca blog Malaysia membuat saya bangga menjadi anak merdeka di negeri ini. Kita sungguh demokratis.

Blog-blog agama di Amerika membuat saya kagum. Saya mulai sadar bahwa agama dan Tuhan dimana-mana sama. Ada kerinduan untuk lebih dekat pada Tuhan. Ada pakem-pakem rumah tangga yang berdasarkan tradisi religi.

Saya sendiri mencari cari bentuk dan ciri blog saya.  Tulisan-tulisan saya menjadi lebih panjang dari kebanyakan para bloggers. Tetapi ini hanya awal dari sebuah perjalanan. Semuanya akan  menjadi kristal dan padat kelak. 


Responses

  1. blog ini bagiku sdh ada bentuk dan cirinya. dan akupun bangga menjadi anak indonesia dimana sdh bebas kita berekspresi.
    dan untuk sobatku ini terus berkarya.
    doaku selalu ada dlm dirimu,sobat.
    selamat berkarya..!


Leave a Reply

Categories

