Posted by: atakeo | May 10, 2008

Bagaimana Mengurus Passport

Terakhir saya mengurus passport ada pertanyaan dari penjaga loket. Apakah saya karyawan atau wiraswasta.  Saya katakan wiraswasta. Walau sebenarnya saaya juga kuli. Tetapi karena saya dengar orang sebelah saya ketika mengaku karyawan, maka diminta surat macam-macam. Dan untukorang bisnis tidak banyak tanya. Ada kalau perempuan akan lebih banyak tanyanya. harus ada ijin orang tua dan suami atau penanggungjawab dan surat sponsor. Semuanya mempunyai maksud yang baik. Ingat wanita Indonesia yang ada di negeri Jiran itu. Saya juga pernah duduk di  Tebedug, perbatasan Malaysia dan Indonesia. Beberapa kali saya mendapat tawaran untuk memasok wanita ke Malaysia. Uang keagenan lumayan. Wanita di perbatasan Malaysia diperdagangkan. Makanya jangan kesal dengan saudara petugas imigrasi.

Mengurus Passport sebenarnya sama dengan mengurus Kartu Tanda Penduduk. Isi formulir yang tersedia diloket penjualan formulir. Dan serahkan ke loket khusus untuk Passport baru. Penuhi syarat-syarat yang diperlukan, KTP,  Akte Kelahiran, Surat bapatis (Kristen) Kartu Keluarga, Surat Ijazah. Surat surat ini memang hanya untuk melengkapi dan menjelaskan bahwa identitas kita jelas.

Formulir siserahkan ke loket. Kemudian diperiksa dan dibayar ke loket sesuai dengan yang diperintahkan. jangan lupa lihat tabel di dinding kantor imigrasi. Jangan mudah ditipu oleh para calo yang menuggu mangsa disana. Anda akan difoto langsung  seperti pembuatan SIM bagi yang pernah buat SIM.

Sebenarnya proses tidak lama. Tetapi memang pegawai negeri sipil bangsa ini tahu ilmunya. Kalau bisa lama mengapa cepat. kalau bisa dipersulit mengapa mudah saja. Taku kehilangan kerja kali….


Leave a Reply

Categories

