Posted by: atakeo | May 12, 2008

Jam Terbang

Berbiara tentang jam terbang berarti terkait dengan terbang. Ini kaitannya dengan pesawat dan pesawat terbang. Jadi bukan lainnya seperti misalnya pesawat televisi. Kalau televisi maka orang bicara tentang jam tayang. Atau kalau dikaitkan dengan radio orang menyebut jam siaran atau jam mengudara.

Jam terbang adalah satuan hitungan waktu seorang pilot atau penerbang berada di udara sambil menerbangkan pesawat. Berbicara tentang lamanya seorang mengawaki atau mengendalikan pesawat. Semakin lama seorang mengemudikan peswat terbang semakin besar jumlah jam terbang. Jadi jam terbang sejalan dengan jumlah jadwal kerja seorang pengemudi pesawat berada di udara.

Pada masa lalu mengemudikan pesawat itu suatu pekerjaan yang luar biasa rumit. Pikir para orang tak tahu itu. Yang berkaitan dengan pesawat terbang seolah lebih hebat dan berpamor. Seorang pramugari terasa lebih gemerlap dari seorang pegwai kantor biasa atau seorang sekretatris handal.

Istilah jam terbang berkaitan dengan masa kerja. Masa kerja menjelaskan banyak sedikitnya pengalaman seorang. Kita tidak mendengar jam kerja atau jam tukang. Profesi tukang atau kerja biasa seolah kurang pamor. Karena banyak orang bisa melakukannya. Dan mudah mendapat pekerjaan seperti itu. Tetapi menjadi pilot atau menjadi penerbang merupakan satu profesi khusus. Spesialisasi yang membutuhkan pendidikan dan kecerdasan tertentu. Makanya dia menjadi rujukan. Menjadi acuan pengalaman. Maka kita terbiasa dengan acuan jam terbang. Akumulasi jumlah waktu seorang terdidik oleh pengalamanya sendiri.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: