Posted by: atakeo | June 6, 2008

Biaya Rumah Sakit

Kamis sore kemarin saya menghantar rekan kerja saya Yanti ke rumah Sakit Meilia, Cibubur. Yanti harus ke dokter dan minta untuk dixray kata boss saya orang Korea. Dia memberi saya uang kontan satu juta. Tetapi saya ambil hanya lima ratus ribu saja. Saya dan Yanti pergi ke dokter untuk rontgen jari tangannya yang sakit akbit jatuh dari motor. Sepanjang jalan  kami bercerita biasa saja. Karena pasien saya tidak sangat sakit. Tetapi karena yang perintah boss, saya bawa juga dia ke rumah sakit. Sebenarnya untuk sakit sederhana begitu cukup ke tukang urut. Yang tidak ahli juga sudah cukup. Tetapi bos saya menaruh sangat perhatian pada anak buah khusus si wanita marga Sinaga ini. Soalnya dia kalau kerja sangat bersemangat meneladani inang-inang tano Batak pekerja keras.

Di rumah sakit kami langsung menuju ruang radiology. Tetapi kata penjaga loket mana rujukannya. Saya mengatakan ini mau tahu apa ada dislokasi atau keretakan pada buku jari tangannya. Ternyata untuk ke ruang rontgen harus diperiksa dokter dulu. Dan kami menuju ruang yang ditunggu. Setelah didaftar di loket Yanti diperiksa. Hasil periksa sebagai rujukan dia ke ruang radiology. Dan dengan foto tontgen di tangan kembali ke dokter. Hasilnya semua kondisi baik saja. kami membayar biaya periksa dan rontgen. Diberi resep minyak urut. Ketika ke apotik di rumah sakit, kami diberi nota untuk bayar. Seorang wanita berjilbab yang imut mencermati layar komputer, kami dinyatakan masih harus bayar rp. 215.000,- saya keberatan karena tidak masuk akal. Si penjaga loket masih menjelaskan untuk biaya perban dll. Sekali lagi saya keberatan dan kemudian diterima. Saya tidak perlu bayar Rp. 215.000, lagi dan hanya untuk minyak urut Rp. 48.000,-

Saya menganjurkan orang harus hati-hati kalau bayar bill di rumah sakit. Kita hanya melihat akumulasi biaya. Kalau tidak hati-hati, bisa saja kita membayar apa yang seharusnya tidak ada.


Leave a Reply

Categories

