Posted by: atakeo | June 27, 2008

Jerman dalam Sepak Bola

Jerman saya hanya tahu lokasinya dalam peta. Saya mengenal orang Jerman ketika saya masih kelas III Sekolah Dasar. Ada seorang anak muda dari Schwelm dengan menunggang kuda datang ke kampung kami. Dia seorang pendeta dan bergaul dekat dengan masyarakat. Ketika saya SMP guru saya ada orang Jerman. Saya juga ke sekolah Menengah Pertama yang mewah karena dukungan anak muda Jerman yang datang dengan menunggang kuda itu. Selanjutnya saya berkenalan dengan beberapa guru orang Jerman dan Polandia. Dan untuk orang Polandia saya punya pengalaman tidak menyenangkan. Dia mengambil gambar saya dan teman yang lari dari asrama. Dia mencuci foto itu dan menempelkan ditempat publikasi. Saya tidak lupa kalimat dibawah foto itu. Quam queritis in via? (Kamu mencari wanita siapa di jalan). Sungguh memalukan. Masih ada cerita-cerita lain sejenis kisah malu-maluin tetapi menjadi cerita nostalgia penuh kenangan.

Jerman yang saya mau katakan disini adalah sepak bolanya. Dari semua team piala euro 2008, saya sangat kagum akan permainan team Jerman yang sangat terpola. Perrmainan sepak bola dari kaki-ke kaki dalam jarak terukur seperti terprogram. Mereka tetap mempertahankan pola permainannya juga pada saat ketinggalan. Mereka membuktikan bahwa segala sesuatu yang terencana akan berhasil dengan baik. Dan orang Jerman bilang, ” ende gutt, alles gutt”. Akhir baik berarti semua program baik. Tetapi apakah Sepak bola Jerman akan merayakan alles gutt, lihat saja nanti bila ende gutt tercapai. Nothing Impossible for the best.


Leave a Reply

Categories

