Posted by: atakeo | June 27, 2008

Uji Kesatriaan

Bawahan saya Yanti Sinaga datang pada saya. Sebenarnya dia tidak dengan sendirinya mau datang. Saya yang menciptakan kondisi sehingga dia datang ke ruang kerja saya. Dia adalah salah satu karyawati senior kami. Dia menangani bagian marketing. Urusannya lebih berkaitan dengan menerima pesanan dan memahami rincian permintaan pembeli. Dari situ dia menurunkan (follow up) ke bagian produksi.

Yanti datang ke saya dan mengatakan bahwa dia tidak senang dengan pernyataan saya. Itu alasan yang dia berikan mengapa dia tidak ikut piknik bersama semua karyawan dan keluarga. Saya bertanya apakah hal ini diketahui oleh pimpinan saya? Saya mengatakan lebih baik saya tahu, agar saya bisa mengemas penyampaian atau sikap saya. Dan dia mengatakan bahwa dia sudah menymapaikan hal itu sebelum keberangkatan ke lokasi wisata. Saya dan sejumlah karyawan sangat kecewa karena dia tidak memberitahukan bahwa dia tidak jadi berangkat, dan membuat semua orang menunggu sebelum keberangkatan. Telepon genggamnya tidak pernah diangkat.

Bagaimanakah sikap terbaik kita menghadapai seorang mengatakan saya tidak suka dengan pernyataan dan sikapmu dan dia adalah seorang bawahan kita? Saya mengatakan kepadanya ceritakan saja semua perasaan dan pendapatmu. Sebaiknya saya tahu. Dan dia mengatakan itu. Saya berusaha belajar bersikap biasa dan tidak memarahi atau menantangnya. Kemudian dia meninggalkan ruangan saya dengan pesan agar rekan lain tidak mengetahui masalah ini. Banyak kepala banyak ide dan gagasan. Pasti kita mempunyai pendapat dan sikap berbeda. Mungkin ada yang mau menyumbang saran.


Leave a Reply

Categories

