Posted by: atakeo | July 8, 2008

Rumah Apung Di Cirata

Hari Senin kemarin, saya bersama isteri dan sejumlah teman mengunjungi waduk Cirata. Dari Jakarta melalui Tol Cipularang. Tol Cipularang sungguh mempersingkat waktu tempuh Jakarta Bandung. Tetapi sebagai sebuah tol, Cipularang sungguh berbahaya. Ada bagian yang bergelombang. Pada pinggir jalan tidak ada pepohohan yang memikat perhatian sekedar menjagakan mata para pengemudi. Pengemudi hanya konsentrasi pada kecepatan atau menurunkannya. Jalan tol harus ditata agar tidak membuat pengemudi terlena. Kecelakaan selalu mengintai. Kami berada di jalan itu pada pagi hari. Tetapi saya tidak bisa membayangkan bagaimana melewati jalan itu pada malam hari. Tidak kelihatan tiang lampu penerangan. Bisa saja kita dihadang para penodong pada malam hari. Bagaimana kalau ada kerusakan kendaraan ditempat teramat gelap itu?

Cirata pada hari Senin sangat sepi. Kami memarkir kendaraan tidak jauh dari bibir waduk. Di pinggir sebelah kanan ada tertulis tanda Parkir. Disana ada pengakalan perahu-perahu kecil yang biasa digunakan untuk disewakan. Kami menggunakan sebuah perahu kecil milik teman kami menuju tempat budidaya ikan di tengah kedalaman waduk. Dikejauhan ada banyak pondok-pondok kecil diperuntukan bagi penunggu yang bertugas menjaga dan memberi makan pada ikan-ikan. Ditengah waduk, rombongan kami menikmati santap siang ikan bakar yang barusan diserok dari jaring apung.

Sejauh mata memandang hanya pondokan dan kotak-kotak semacam kapling berisi jaring apung. Bisa kelihatan dengan jelas orang sibuk memberikan makan ikan-ikan. Ketika kami juga coba memberikan makanan ke ikan-ikan dalam jaring apung ada pengalaman yang sensasional. Tetapi saya berbisik pada teman saya, apakah kita masih bisa menikmati rasa seperti itu beberapa hari ditinggal sepi ditengah waduk. Lain orang lain pendapat. Saya dan teman menggelengkan kepala, lebih ingin cepat kembali kedarat. Lebih enak menikmati soto rusuk dan buntut sapi bakar di warung pak Haji di sebuah pompa bensin dalam perjalanan menuju Cirata.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: