Posted by: atakeo | July 17, 2008

Satu Jari Membuat Sempoyongan

Jari adalah bahagian tangan manusia yang berfungsi untuk memegang. Satu jari tidak cukup kuat untuk melakukan tugas dengan sempurna. Lima jari akan menjadi kuat bila berssamai melakukan tugas. Barang berat bisa dipegang atau pun diangkat. Ini yang orang masa kini omong tentang Synergy. Energy menjadi lebih besar bila dilakukan dalam kebersamaan.

Satu tangan dengan lima jari menggenggam dan mengangkat secara bersama akan menghasilkan kekuatan ekstra. Tetapi jangan bilang lima jari sama teman-teman saya dari Kawanua yang lagi minta minum tuak. Mereka menyebut jari sebagai takaran minuman keras dalam cangkir atau gelas. Satu jari artinya jari telenjuk dilingkar rata pada dasar gelas, ketebelan jari tangan dijadikan takaran banyaknya minuman dalam gelas. Mereka sangat sosial dalam minum arak bersama. Minuman dituang dalam gelas dengan takaran satu jari. Bila minuman terbatas mereka akan mengatakan satu jari tipis-tipis saja. Menenggak minuman dengan takaran satu jari sangat menghayutkan peminum. Bila sudah minum dengan takaran satu jari berkali-kali secara ukumulasi bisa satu gelas penuh. Minuman orang Kawanua yang keras kalau segelas bisa memabukkan.

Satu jari bisa langsung membuat sempoyongan. BIla sudah kagak lupa dan persedian minuman tradisional cukup, maka mereka menyebut satu jari berarti setinggi satu jari telunjuk. Ini berarti segelas penuh. Kalau sudah beberapa kali satu jari telunjuk sering membuat mereka berubah. Sang peminum bisa mengakat kursi berdansa serasa memeluk nona.


Responses

  1. Berikan saya jari jemarimu ….


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: