Posted by: atakeo | July 21, 2008

Semangat Kerja Korea

Baru-baru ini Kompas menurunkan artikel tentang Korea. Sebuah anjuran agar kita belajar dari Korea Selatan. Sebeuah negera agraris maju pesast dalam bidang industri. Apa istimewanya orang Korea itu sampai kita harus belajar dari mereka.

Saya bekerja sama dengan orang Korea cukup lama, bahkan terbilang lama. Dari berteman, berbisnis dan saya bekerja bersama. Orang Korea maunya segala sesuatu cepat selesai. Kalau ada tugas, tugas itu harus secepatnya selesai. Apakah besaok masih ada waktu, yang penting selama bisa diselesaikan hari ini, maka harus diselesaikan. Semua orang Korea, baik pemilik atau pimpinan perusahaan tidak segan turun ke lapangan. Mereka siap bersusah-susah mengangkat tangga, mengangkat barang atau pekerjaan yang mungkin dianggap kasar. Dia sigap melakukan itu semua didepan anak buahnya.

Semangat kerja sangat tinggi. Dalam menghadapi atasan mereka selalu tunduk. Pada setiap rapat koordinasi pagi hari, para manager diam, bicara bila diminta, mencatat point-point penting. Seorang boss sepertinya tidak pernah salah.

Bos sadar bisa salah. Bos sadar bahwa anak buah kurang terbuka. bagaimana caranya untuk mengetahuinya. Biasas semua staffnya diajak makan malam.  Soju adalah minuman korea yang selalu menemani mereka makan bersama. Soju ini kata orang air kata-kata ( tuak Flores). Bos menuangkan soju ke anak buah dan sebaliknya anak buah menuangkanya ke sloki bos. Mereka saling melayani dan membawa masing-masing  ke alam lupa susah dan lelah. Setelah agak terpengaruh minuman soju, anak buah bisa  santai. pada saat itu anak buah bisa angkat bicara setengah sadar dan bisa memeahi bos. Hal ini diterima bos. Dan besoknya mereka kerja sama lagi.


Responses

  1. Tapi saya pernah denger sebaliknya … bos korea itu pelit naekin gaji, bener gak?

  2. asyik juga kalau bisa bgitu,di kantorku mah bos nya rada otoriter,payah!

  3. setuju,btw kalau di tempat kita habis minum tuak endingnya .?!?! syukur2 ada positive impactnya,,, btw buagus atriclenya,,,

  4. iay bener… semangat kerja orang korea harus kita tiru.. mereka cenderung workaholic, dan saya suka itu.. saya sekarang bekerja di salah satu perusahaan konglomerat korea, dan sudah cukup lama, mulai dari berteman, bekerja sama, sampai urusan percintaan… dan lingkungan seperti itu membuat saya lebih bertanggung jawab dan mencintai pekerjaan saya.. karean dituntut untuk bersungguh2 dan tidak setengah2 dalam mengerjakan sesuatu..

    hi mba Rindu.. wah gak nyangka ketemu di sini.. saya suka walking ke kebunnya mba.. hehehe..
    kalau dibilang pelit? eum… most of them emang begitu.. mereka hanya mau mengeluarkan uang jika memagn worthed, dan alasannya jelas.. mereka tidak biasa menyianyiakan uang untuk hal yang tidak begitu penting buat mereka..
    tapi kalau temen2, bos, smp mantan pacar saya yagn berkewarganegaraan korea selatan.. mereka sama sekali ga pelit kog..😀 …

    ~kiki anastasia~

    ngomong2 ini kan topik tahun 2008 ya? saya komentnya baru 2010 ..xixixixi

  5. satu hal lagi.. hal yagn paling saya suka dalam budaya korea, adalah ketika acara minum2 alkohol, tidak sperti di sini yagn sembarang aja minumnya, dan tiba2 udah teler ga jelas.. hehe

    orang korea punya tata krama tersendiri..
    1) kita harus saling menuangkan soju/minuman alcohol ke teman minum kita..
    2) orang yagn menuangkan dan dituangkan minuman ke gelasnya, juga ada tata kramanya bagaimana bersikap..cara menuangkan, dan cara memegang gelas saat gelas kita dituangkan alcohol.
    3) orang yagn lebih muda, harus menutup / menyamping dari hadapan orang yagn lebih tua/ dihormati saat meneguk soju..

    dan banyak lagi deh..

    wah.. pokonya ..meski pesta minum2an beralkohol, mereka juga punya tatakrama tersendiri dan tetap menghargai..

    ~kiki anastasia~

  6. hi slm knl..
    waaahhh suka skli dgn pola hidup org korea..
    inGIN BEKERJA DI TEMPAT YG MENGHARGAI WKTU..
    AKU BANGET TU..

  7. @ Heni, thanks sudah mampir di blog ini. Terus terang saya sudah lama tidak mengupdate blog ini. Anda sudah membangkitkan kembali semangat saya untuk melanjutkan napas blog ini. Salam kenal juga…


Leave a Reply

Categories

