Posted by: atakeo | August 27, 2008

Saya Melihat Dunia Baru

Berapa menit lalu saya berbicara melalui telepon genggam. Saya di Jakarta dan Severinus Rangga ada di Irian Jaya, Sorong Selatann persisnya di Teninabuan, sebuah kabupaten pemekaran. Severinus Rangga adalah salah satu kerabat saya, seorang pensiunan guru yang pakar dalam adat di desa Worowatu. Dia menjadi nara sumber adat di tempatnya. Banyak mahasiswa anthropolog mencarinya dalam menyusun skripsi berkaitan dengan budaya Keo.  Tanggal 6  Agustus 2008 dia meninggalkan kampung halamannya dan untuk pertama kali dia melakukan perjalanan paling jauh menengok anaknya yang bekerja mencari nafkah bersama keluarga di sudut bumi Nisanatara ini. Saya pernah meminta bantuannya untuk membuat catatan sedikit tentang pemahaman kekerabatan adat KEO, khusus Kae Ari (Kakak Adik). Bagi orang Keo ada berbagai definisi kae ari. Ada Kae ari tuka tunda atau kae ari dhadhi dhore yaitu persaudaraan sekandung dan  kae udu dudu ari eok dolo (saudara karena kedekatan rumah) , kae ari ghidi gheo sao tenda (keluarga besar) atau kae ari sao tenda dan lagi masih ada kae ari udu eko nua atau  Kae  udu mere eko dewa dalam hubungan beberapa kampung.

Kerabat saya baru saja keluar dari kesempitan Ombo Udi di Keo Tengah kemudian  menyeberang laut dan selat menuju Sorong nan lapang. Apa katanya. Ada banyak hal yang saya lihat dan belajar tahu hal-hal yang tidak saya ketemukan di kampungku UdiWorowatu, katanya. Saya melihat dunia baru, katanya.  Sebuah bumi masa depan. Tidak heran karena memang Irian Jaya, Papua Barat adalah pulau terbesar di bumi ini. Dan pecahan benua yang penuh peluang. karena semasa Soeharto orang Jawa banyak dipindahkan kesana. Kini orang Flores khususnya dari Keo Tengah semakin bertambah berpindah kesana. Mereka melihat dunia baru disana.


Leave a Reply

Categories

