Posted by: atakeo | October 11, 2008

EKONOMI DUNIA DALAM BAHAYA DAN MEMBURUK

Yamato Life, perusahaan asuransi di Jepang bangkrut. Tak mampu bayar utang sebesar 2,7 miliar dolar AS.  Indeks saham di bursa saham Tokyo anjlok. Ini terjadi karena krisis keuangan dunia. Dan sudah ada indikasi sejumlah perusahaan asuransi bakal gulung tikar.

Menteri keuangan negara industri G-7 merasa perlu duduk bersama membahas krisis keuangan dunia Jumat lalu.  Negara besar seperti Amerika, Jepang, Jerman, Prancis, Italia Inggeris Kanada terseret dalam resesi. Korea Selatan sama seperti negara tahan banting Indonesia nilai mata uang anjlok.

Apa yang terjadi di Indonesia? Kompas menurunkan Head Line TAK AKAN MENJELMA JADI KRISIS. Ini yang namanya kerjasama media dan semua komponen bangsa, Harus bersama menenangkan suasana.  Jangan bikin panik.

Tuhan sungguh pemurah bagi bangsa Indonesia. Kaya tanah airnya. Murah senyumnya termasuk dalam himpitan kita masih bergurau dan tertawa . Orang Indonesia terbiasa pasrah, Tuhan tidak pernah memberikan cobaan melebih kesanggupan umatNya. Jadi tidak apalah. Pasrah saja.

Krisis  akan segera terjadi di depan mata. Dan krisis ini akan panjang serta terburuk dalam sejarah. Suara para petinggi negara yang sadar bahaya berbicara bagaikan ibu penuh kasih menenangkan anak-anaknya. Kalau mereka takut, bagaimana anak-anak bangsa yang sedang sesak terhimpit ini.  Para petinggi ini memang orang berani. Mereka tidak takut. yang paling menakutkan mereka hanya satu. Yang paling menakutkan adalah bila kelak mereka kehilangan jabatan dan kuasa. Karena itu sekarang  mereka  sibuk dan tenggelam untuk menyiapkan tebar senyum dan janji pada kampanye nanti.


Responses

  1. Salam pembebasan,

    Tragedi!

    Di tingkat global setelah kisah krisis air, krisis iklim, krisis minyak, krisis pangan, kini krisis finansial naik panggung, Paradoksnya jalan krisis itu terus ditempuh. Masih saja mekanisme pasar dan korporasi dianggap solusi yang menjanjikan. Ironi abad ini, rasionalitas yang irasional. Rasionalitas yang paling tidak masuk akal.

    It’s the capitalism, stupid! (adaptasi dari frase politik yang populer digunakan Clinton ketika berkampanye melawan George Bush Senior, it’s the economic, stupid!)

    Silah kunjung
    http://lenteradiatasbukit.blogspot.com/2008/10/krisis-keuangan-global-karl-marx-di.html

  2. humh. memang lampu kuning nih perekonomian dunia.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: