Posted by: atakeo | October 14, 2008

MEMBUKA GOSIP RAHASIA

pagi ini seorang tentangg saya datang pagi-pagi. Dia pensiunan yang punya kegitan rutin pagi ke gereja. Ketika saya sedang membersihkan halaman dia datang ke rumahku. Dia menagih permitaanya pada saya. Yaitu saya diminta supaya mengcetak salah satu gosip yang kumasukkan dalam journal blogku. Dia pernah membaca ketika datang ke rumahku. Seharusnya dia bisa mengaksesnya dan cetak tetapai maklum usia di atas enam puluh tahun masuk manusia gaptek.

Saya sudah menghindar untuk tidak memberikan karna ini berisi gosip yang mengupas habis isi rumah salah satru tetangga kami. Ketika saya tulis di internet saya pikir saya berhadapan dengan masyarakat anonim. Ada keterbukaan tetap ada rahasianya. Karena tidak ada yang tahu. Dan bisa jadi pelajaran. Ketika sahabat saya datang minta saya mewanti-wanti ini off the record. Aku bisa mati bilang sebar gossip. Masalahnya dalam urusan berbaikan sama tetangga, keluarga ini sangat baik pada saya.

Saya tersadarkan bahwa kalau saya menulis di internet masalahnya menjadi terbuka. Tetapi kebanyakan bahwa hampir semua pembaca tidak mengetahui identitas saya dan tetangga saya. Jadi ada kerahasiaannya. Ini yang namanya rahasia umum semua tahu. Terbuka tetapi tertutup. Dua kata yang kontradiksi dalam dirinya. Saya kira begitu banyak kontradiksi seperti ini dalam kehidupan masyarakat.

Menghadapi kontradiksi bisa membuat orang ragu. Lihat kata Silahkan. Kalau anda mau susah silahkan… menyuruh dan terkandung pengertian melarang. Sengasara yang membahagiakan. Mana ada sengasara yang membahagiakan. Pasti masih banyak lain yang masuk dalam ungkapan kontradiksi…. Silahkan tambah sendiri.


Leave a Reply

Categories

