Posted by: atakeo | October 18, 2008

JAGA JARAK AMAN

Kemarin sore ketika pulang  kerja saya melewati jalan padat dari Kota Wisata ke Cibubur Junction. lalulintas sbergerak lambat.  Kendaraan saya pesis dibelakang sebuah pick-iup penuh barang dan tetutup terpal. Kedua sisi terpal agak melembung sehingga, saya pikir sanga pengemudi tidak bisa memantau lewat kaca spion baik kiri maupun kanan. Kaca spion tengah pasti sudah mustahil. Semuanya tertutup barang. Yang menarik perhatian saya dan terkadang mengundang kesal ada tulisan JAGA JARAK. Laju kendaraan pelan dan menyulitkan kita untuk menyalib dari kiri atau kanan.

Jaga jarak adalah sebuah instruksi atau ajakan. Kalau ingin aman maka harus mengatur agar ada jarak yang cukup antara kendaraan kita dan yang berada di depannya. Bila kita kurang waspada bisa terjadi tubrukan. Dikatakan tubrukan karena kita yang dibeelakang dianggap menubruk dari belakang. Karena tabrakan adalah pertemuan dua kendaran dalam kecepatan yang tak terkendalai sama dari depan. Tubrukan maupun tabrakan sama berakibat buruk.

Bila ingin bermain aman maka perlu jaga jarak. Dalam kehidupan bersama juga perlu atur jarak tertentu sehingga kita mampu mengevaluasi  hubungan antara kedua pihak.   Karena dalam jarak yang memadai  seorang tidak tenggelam dan terpengaruh akhirnya tidak dapat memberikan masukan yang positif dan bersikap benar.


Responses

  1. wah, saya jugsa sering tuh melihat tulisan di bak truk bagian belakang. bisa jadi ini juga siasat pemilik jasa angkutan supaya kalau terjadi apa2 tulisan itu sebagai alasan pembenarnya. hehehe … semoga saja ungkapan itu memiliki makna yang posyif agar pengendar di barisan belakang bersikap waspada dan hati2, jangan samoai terlalu mepet.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: