Posted by: atakeo | October 23, 2008

Tankiku Sering Kosong

Saya sering hadir pertemuan-pertemuan warga RTku. Ketua RT kami terpilih karena baik hatinya tapi jangan tanya kemampuan menyelesaikan masalah. Suara besar dan lama bila bicara. Suka mengulang kalimat untuk sebuah peersoalan biasa. Tidak ada  pangkal dan ujungnya. Capek dengarnya. Sesuatu yang bisa dibicarakan ringkas jadi lama, menjemuhkan.  Yang ada hanya bunyi. Maklum tankinya kosong. Bunyi rada nyaring tanpa bobot.

Sadar diri dalam kesibukan kerja hampir tidak ada waktu untuk baca buku. Ditempat kerja,. ya bekerja mengikuti perintah. Kalau atasannya cerdas ada banyak yang kita belajar. Tetapi bila tidak kita bekerja laksana robot. Karena kita berguru pada robot maka jadilah semua kelompok robotis.

Bagaimana menysisihkan waktu untuk baca. bagi yang sudah berkeluarga ternyata sulit. Ketika pulang rumah sudah dihadang isteri dengan berbagai keluhan dan pertanyaan. Apalagi dalam keadaan yang semakin sulit. kalau lagi duduk baca, isteri merasa ditinggalkan dan terus mendampingi kekasihnya sambil ngerocos semua gosip kampung. Waktu makin sedikit untuk baca. Karena sekerat waktu kita habis untuk mandi, makan dan sedikit bercengkerama di ruang tamu atau nonton bareng televisi yang kerjanya cuma mengumbar gosip artis. kalau ada sinetron yang disajikan hanya perselingkuhan. Tidak pernah bicara tentang dunia yang lebih nyata. Lihat saja pakaian mereka. Memasak saja orang harus pakai kebaya bersih dan bersanggul. Dirumah bicara sama isteri saja berdasi. Anak orang miskin saja rambutnya saja diberi cat. Ada-ada saja. Mendingan segera tidur bareng sama isteri , ngobrol sebentar dan geerrrr lelap.

O ya kembali ke urusan isi tanki. Otak dikepala kita adalah tanki ilmu kita. Tanki kepala kita ini harus diisi biar tidak sekedar nyaring bunyi tapi harus berbobot. Baca dan baca itulah caranya. Tapi kapan ya bisa mendapat waktu terbaik untuk baca buku… Taknkiku pun sering kosong. karena yang dipentingkan isi pundi dan kantong kita..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: