Posted by: atakeo | November 18, 2008

SERTIFIKAT TERMAHAL DAN TERSULIT BERNAMA S.I.M

Palayanan Kepolisian di tempat pembuatan Surat Ijin Mengemudi (SIM) sangat istimewa. Ketika kita memasuki gerbang utama ada polisi yang menjaga sehingga siapapun mudah membelokkan kendaraan memasuki komplek istimewa ini. Dalam perjalanan dari Grogol ke Kalideres, setelah jembatan layang kita bisa menemukan papan petunjuk  dan sesudahnya kita belok kanan. Setelah pintu gerbang terbuka kita akan melewati sebuah pos, kendaraan melaju pelan tanpa kontrol, dan sesudahnya ada pintu karcis parkir. Sesudah pintu parkir ada pos polisi. Dari ruang ini diudarakan siaran berulang tata cara memperoleh SIM dan nasehat agar tidak terjebak calo yang tak bertanggungjawab.

Seorang polisi berpakaian preman berkomunikasi melalaui hape :” disini masih banyak natrean, rame sekali. Sabar….” Mendekati lima puluh orang baris menunggu giliran untuk cek kesehatan. Ada banyak penjual ballpoint dan pensil. Ada yang menyewa sepatu untuk memenuhi tuntutan bersepatu masuk ke gedung pembuatan SIM. Di pintu masuk tamu diterima ramah oleh dua polisi dan terkadang ditemani seorang wanita berpakian rapih dan berselempang. Di setiap area dekat mulut loket ada petugas yang ramah menanykan keperluan dan mengarahkan calon pemegang SIM.  Semuanya begitu tertib. Ketika naik ke lantai kedua, ada ruang untuk ujian tertulis. Ada petugas laki dan wanita berpakaian rapih berslepnang tanda bertugas. Menarik luar biasa. Senyum dan sapa ramah menenangkan.

Keramahan itu semua ternyata semu. Ujian SIM yang begitu mudah begitu sulit dilewati bagai melewati lubang jarum. Buka saja di situs Google dan ketik saja “membuat SIM A” kita akan dikejutkan seperti saya terkejut dan dipermalukan sekeluarga. Ternyata ada yang harus mengulang sampai 6 kali. Apa sih susahnya menjawab soal dengan jawaban tersedia dan berbentuk pilihan?? Jangan anda anggap enteng karena begitu banyak orang harus ulang. Ujian membuat SIM terasa lebih Sulit dari Tes masuk peguruan tinggi, bahkan bisa lebih sulit dari tesis doktor. Untuk SIM kendaraan roda dua ada yang sampai ulang 6 kali.

Kita bertanya ada apa dibalik semuanya?? Jangan buruk sangka. Suasana di tempat parkir atau seluruh halaman komplek betul steril dari para calo. Jadi kita boleh dan pantas mengangkat jempol aparat kepolisian kita luar biasa bebas korupsi. Benarkah…..?  Tunggu kita akan bagi pengalaman lebih lanjut. Karena saya juga masih akan mengulang ujian berat membuat SIM A setelah saya mengemudi lebih dari 20 tahun…….. Mari kita bagi pengalaman atau biar keren syering  dan bersama mengangkat puji atau mengungkap kesal kepada bapa dan ibu polisi…  Ya Tuhan begitu susahkah untuk mendapatkan sertifikat mengemudi di negeri ini…??? Bagaimana pendapat sahabat blogger…???


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: