Posted by: atakeo | February 22, 2009

Pameran Produk Kemitraan dan Bina Lingkungan

Kemarin saya sempatkan diri mengunjungi pameran di Balai sidang. Produk-produk yang dipamerkan adalah hasil usaha para pengusaha Kecil binaan Perusahaan BUMN.  Beragam variasi produk. Perhatian saya hanya tertarik pada produk produk oalahan pangan yang dapat dikembangkan di Nagekeo. Saya lihat ada penganan pisang, mangga, kelapa, yang menurut saya dapat dikembangkan di sana. Ada juga produk dari sabut kelapa.

Apa yang dapat dilakukan oleh orang Nagekeo. Menurut saya pertama adalah datang dan belajar teknologi pangan di daerah-daerah yang sudah lebih maju. Orang Flores, khususnya Nagekeo hanya mengenal singkong diolah dengan cara direbus, dipotong dan digoreng atau dibuat gaplek (saat ini sudah tidak populer lagi). Demikian juga pisang dan mangga hampir tidak pernah ditoleh. Saat ini pisang sudah berkelimpahan dan masih belum mendapat perhatian. Masih banyak tanaman pangan yang diabaikan pengolahannya.

Teknologi pengolahan pangan betappun sederhananya jelas memberikan nilai tambah dan menghasilkan uang. Ini adalah peluang bisnis. Sejak transportasi begitu berkembang di Flores, kita lihat banyak ibu dan anak-anak yang berusaha mengais rejeki dengan menuual makanan kecil di berbagai pertigaan atau perempatan jalan. Yang menarik saya adalah pada ibu di pertigaan jalan Raja Maunori. Ibu-ibu dengan baskom berisi jajan sederhana segera sigap merapat kesamping kendaraan yang melambat di pertigaan itu.

Sayang makanan yang dijajakan masih sangat terbatas. Dan pengolahan masih sangat sederhana.  Masih banyak kebutuhan produk yang bisa dijajakan seandainya ada yang melihat peluang bisnis ini. Orang nagekeo seharusnya belajar banyak pada pendatang di Mbay yang terus menjual singkong  dan pisang goreng. Kalau mereka bisa hidup mengapa penduduk lokal tidak memanfaatkannya.

Saya yakin cepat atau lambat bila pemerintah turut terlibat mengembangkan teknologi pangan maka kelak akan ada produk-produk pangan lain dan berciri nagekeo akan muncul. Semoaga


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: