Posted by: atakeo | October 3, 2012

BERI AKU KETENANGAN

Mungkin karena usia, saya semakin jemu dengan buku ilmiah. Dua buku terakhir yang saya baca berisi bagaimana menikmati kehidupan. Buku-buku ini berisi percikan pikiran dan pengalaman Ajahn Brahm,seorang Sarjana Fisika tamatan Cambridge University yang menjadi seorang biksu.

Suatu saat saya pernah menginap di sebuah hotel di Nagoya. Ada sebuah buku ajaran Budha. Saya tertarik akan buku itu, yang saya baca selama seminggu saya berada di kota itu. Dengan permintaan resmi kepada manager hotel saya membawa buku itu ke Indonesia. Saya membaca buku itu sekedar menambah pemahaman saya tentang agama Budha.  Horee! Guru Si Cacing Datang  berisi catatan perjalanan Ajahn Brahm ke Indonesia tahun 2009 yang ditulis  oleh Hendra Widjaja membawa saya untuk membaca buku berikutnya Si Cacing dan Kotoran Kesayangannya  berisi 108 cerita  dan kisah bagaimana penghayatan  ajaran  agama Budha tulisan
Ajahn Brahm.

Dari sekian banyak cerita dan pengetahuan yang tertulis dalam buku-buku itu, yang paling berkesan adalah bagaimana mencari ketenangan dan dalam ketenangan orang memperoleh kebahagiaan. Kebahagiaan itu ternyata tidak berada di luar kita. Kebahagiaan berada dalam diri dan bathin kita. Bagaimana caranya merasakan ketenangan untuk memperoleh kebahagiaan itu? Meditasi adalah jalan untuk memperoleh ketenangan dan kebahagiaan.

Meditasi yang membawa ketenangan dan kebahagiaan adalah melepas masa depan, melepas masa lalu dan melepas waktu. Lupakan semuanya dan hening. Ibarat Anda sedang memgang sebuah botol berisi air dalam tangan yang terangkat. Botol itu dilepaskan. Demikian kita melepaskan botol beban pikiran dalam kehidupan, berbagai masalah dilepaskan . Kita kemudian akan segar dan pulih lagi.

Berilah diri kita waktu untuk tenang dan bermeditasi. Dan berdamailah dengan keadaan anda sendri. Bermurah hatilah terhadap kondisi anda, termasuk kengantukkan dan kelelahan fisik anda. Lepaskan dan lepaskan…Setelah membaca buku ini saya merasakan dapat bermeditasi… hatiku selalu berkata beri aku ketenangan.. karena dalam ketenangan aku memperoleh damai dan kebahagiaan.


Leave a Reply

Categories

