Posted by: atakeo | October 6, 2012

MENUNGGU MUJIZAT DI KAMAR ICU/ICCU

Kata darurat berarti sementara. Semua yang dilakukan adalah tergesa-gesa karena kebutuhan mendesak. Dan pada saat itu apa saja yang dikerjakan bersifat sementara. Tidak terencana dengan baik dan bersifat tetap atau permanen. Darurat ada kaitan dengan keadaan terdesak. Segala sesuatu harus ada dalam waktu yang singkat. Ada kebutuhan yang mendadak. Sekarang harus ada. Sebuah kondisi yang tidak ada pilihan. Gawat darurat sudah diterima sebagai satu keadaaan yang sangat serius. Ini adalah serius berbahaya. Karena itu perhatiannya harus serius. Makanya dalam bahasa Inggeris menggunakan Intensive Care Unit. Bagian yang memberikan pertolongan sangat intensive.

Hari ini sore, ada telepon dari tetangga. Mengabarkan seorang ibu kenalan kami di RT 7 sekarang sedang dirawat di Unit Gawat Darurat. Kami warga RT 7, yang mengenal pasien pergi berkunjung ke rumah sakit Harapan Bunda. Saya dan isteri mengikuti mobil tetangga kami di lorong sebelah. Telepon berdering dan mengatakan lima menit lagi tunggu di depan gang. Sesuai pesan kami menunggu. Ternyata kami harus menunggu cukup lama. Teman dan bersama isterinya menggerutu.” Banyak halangan. Ada banyak orang di gang. Kemudian ada lagi sebuah motor diparkir ditengah jalan. Lama dicari baru datang pemilik motornya.

Kami sampai di rumah sakit. Keadaan semakin darurat. Kami tidak bisa masuk ruang pasien. Akhirnya kami meminta bantuan orang yang berada dalama ruang pasien untuk membuka sedikit tirai. Kami bisa melihat pasien. Seorang ibu tetangga kami yang telah lebih dulu disana mengatakan: ” Kita menunggu mujizat saja.” Ketika pamit dan bersalaman dengan suami pasien,saya mengucapkan:”Semoga cepat sembu.” Sebuah doa dan harapan. Manusia hanya bisa berharap, pada akhirnya berada dalam tangan Tuhan.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: